Search Engine Submission - AddMe

Thursday, August 20, 2009

Tradisi Meugang di Aceh

gambar aktifitas di pasar daging saat meugang
Tanggal 22 Agustus ini seluruh muslim di dunia melaksanakan ibadah puasa selama 30 hari. Di Indonesia khususnya di Aceh pelaksanaan puasa terlihat nyata dan sakral. Pemerintah pusat maupun daerah mengeluarkan berbagai instruksi dan himbauan kepada pihak-pihak tertentu agar ibadah puasa ini dapat dilakukan secara khusyu'. Ada satu tradisi pada masyarakat sebelum memasuki bulan puasa atau ramadhan ini, yaitu penyembelihan hewan ternak atau di Aceh disebut dengan Meugang.


Meugang merupakan sebuah budaya lokal untuk mengkonsumsi daging di awal bulan puasa, meskipun harga daging pada saat itu terus melonjak mahal dibandingkan pada hari-hari biasa. Saat tulisan ini dibuat harga daging sudah bergerak ke Rp 110.000 sampai Rp 120.000, sebelumnya 'cuma' berkisar Rp 70.000 - Rp 80.000. Namun masyarakat tetap berupaya untuk membeli daging yang harganya terus melangit dikarenakan budaya yang telah mengakar.

Di Aceh meugang dilakukan 3 kali dalam setahun, yaitu ketika menyambut bulan puasa, sebelum perayaan Idul Fitri dan sebelum perayaan Idul Adha. Selama pelaksanan meugang, berbagai makanan tersedia dan seluruh anggota keluarga bersuka cita untuk saling berbagi dengan masyarakat kurang mampu.

0 comments:

Be the first to announce the news!!


Recent Reader

Join My Community at MyBloglog!

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP